Pages

Kamis, 03 November 2011

Tetap Melihat Sampai Tua

Mata adalah jendela dunia. Jangan abaikan kesehata mata agar indra penglihatan tetap berfungsi baik. untuk membuat mata anda tetap sehat dan dapat melihat sesuatu dengan jelas dan jernih sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini:
1. Lakukan pemeriksaan mata berkala
kebanyakan orang kurang memberikan perhatian khusus pada mata. seperti halnya pemeriksaan jantung atau gigi, pemeriksaan mata juga harus dilakukan secara teratur, setidaknya sekali dalam dua tahun. Alasannya gejala penyakit mata biasanya tak terasa diawal.Karena orang tidak merasakan sakit, mereka jadi terlambat mengetahui penyakit mata yang di derita. Tentu dengan tes mata berkala membntu anda memantau kondisi mata. Bila kurang baik, anda bisa mendeteksinya lebih dini.

2. Kurangi Berat Badan
Banyak tidak menyadari, kondisi berat badan sangat penting pengaruhnya terhadap kualitas penglihatan. Semakin gemuk semakin besar pula risiko mengalami gangguan mata. Obesitas adalah faktor utama penyebab katarak ataupun penurunan pemglihatan. Pengaruh lain obesitas adalah diabetes, yang juga bisa menimbulkan, penurunan penglihatan bahkan kebutaan.

3. Asupan nutrisi mata
Konsumsi buah dan sayuran sudah tidak bisa ditawar lagi. Kedua jenis makanan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh, termasuk mata. Bahan pewarna alami dalam buah merupakan antioksidan yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan kemampuan retina mata. Anda bisa mengkonsumsi buah mangga atau delima yang kaya vitamin A, C, dan E.

4. Berhenti merokok
Kebiasaan merokok bisa mempercepat penurunan kemampuan penglihatan. Kandungan nikotin di dalam rokok bisa menyebabkan radikal bebas di retina dan sel-sel mata.

5. Gunakan kaca mata hitam
Kacamata antiradiasi matahari akan membantu mengurangi intensitas cahaya masuk kemata. Sinar ultraviolet A (UVA) dan UVB yang jahat bisa memicu timbulnya katarak lebih awal. Meskipun anda sudah menggunakan lacamata minus atau lena kontak, kemungkinan sinar UV masuk kemata masih sangat besar. Sebaiknya anda tambahkan filter antiradiasi matahari.

0 komentar:

Posting Komentar