Pages

Jumat, 30 November 2012

Tawuran Antar Pelajar


Topik     : Tawuran
Judul     : Tawuran Antar Pelajar
Tujuan   : Mencegah terjadinya tawuran antar pelajar

Tawuran antar pelajar menjadi berita hangat yang sedang diberitakan di berbagai media. Tawuran dapat terjadi karena para elajar yang berbeda sekolah saling mengejek satu sama lain, sehingga timbul rasa dendam yang mendalam kemudian diluapkan dengan cara tawuran antar sekolah. Terjadinya tawuran ini juga karena rasa kesetiakawanan yang tinggi yang tidak terima jika teman satu sekolah mereka di kroyok oleh sekolah lain, selain itu pemahan agama yang rendah juga menjadi factor penyebab terjadinya tawuran.
Tawuran dapat mengakibatkan kematian bahkan orang yang tidak tahu apa-apa dapat menanggung akibatnya sehingga banyak pihak yang dirugikan dan dapat menimbulkan trauma yang cukup hebat.
Adapun factor-faktor yang mempengaruhi tawuran yaitu: factor sekolah, factor keluarga, factor internal dan factor lingkungan.
  • ·         Factor Sekolah
Kebosanan di dalam ruang belajar mengajar yang monoton, siswa akan bosan dan akan memilih untuk bersenang-senang diluar sekolah, dikerenakan gurunya gemar menghukum ketimbang mendidik dalam artian yang sebenarnya, tidak mengarahkan pelajar untuk kreatif, serta terlalu keras dalam mengajar menjadi pengaruh sebagian besar remaja waktu dihabiskan disekolah.
  • ·         Factor keluarga
Jika keluarga tidak bahagia, bahkan ada kekerasan dalam rumah tangga, akan berdampak pada mental psikologi anak dan secara tidak langsung anak tersebut akan meniru kekesarasan tersebut.
  • ·         Factor internal
Kurang mampunya beradaptasi dengan lingkungan social yang kompleks menimbulkan tekanan pada setiap orang terutama remaja yang mentalnya masih labil dan masih dalam pencarian jati diri dan tujuan hidup. Saat remaja tidak mampu beradaptasi, rasa putus asa akan menyalahkan orang lain dan memilih cara instan untuk memecahkan persoalan membuat rasa prustasi semakin mengendalikan emosi pelajar yang labil, menyebabkan pelajar tega menganiaya hingga membunuh pelajar lain
  • ·         Factor lingkungan
Factor ini jauh lebih luas dari pada lingkungan rumah , pada factor ini media televise dan teladan pemerintah juga menjadi sorotan.

0 komentar:

Posting Komentar